ECO DRIVING




Mobil dan motor bertambah tiap hari. Minyak bumi jadi makin langka, bensin juga jadi makin mahal. Parahnya lagi, emisi karbondioksida dari kendaraan bermotor ini ternyata jadi penyebab perubahan iklim global karena 25% emisi karbondioksida berasal dari sektor transportasi. Berarti konstribusi mobil, motor dan angkutan umum yang kita tumpangi cukup besar lho! Bumi kita dalam bahaya! Tapi, percaya atau nggak, ada banyak banget yang kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini. Salah satunya adalah berkendara yang ramah lingkungan, atau istilah kerenya ecodriving.
Kita bias mulai ikut menggiatkan ecodriving yang berfokus pada kebiasaan berkendara sebagai solusi yang gampang buat ikutan melawan global warming.

*      Jangan menambah atau mengurangi kecepatan secara mendadak. Soalnya, kalau kita menurunkan kecepatan dengan cepat, mesin butuh banyak bensin tuh!

*      Kalau lagi nggak terlalu panas atau sedang ada didaerah berudara sejuk, nggak usah pakai AC nggak apa-apa kan? Sekali-sekali nikmati pamandangan diluar secara langsung.

*      Jangan lupa matikan mesin saat kendaraan berhenti. Soalnya ini juga menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

*      Pakai sistem 1 untuk 5. Maksudnya satu mobil bisa dipakai untuk 5 orang. Selain mengurangi macet, bisa lebih irit karena bisa patungan bahan bakar.

0 komentar:

Posting Komentar