5 Cara Gampang (ikut) Menjaga Bumi



Cuaca dibumi kita tercinta udah nggak nentu banget. Sekarang panas banget eh selang beberapa jam bisa hujan gede. Kalian nyadar gak sie kalo pola hidup kita yang nggak bener dan ngerugiin lingkungan bikin bumi kita jadi ngalamin pemanasan global atau bahasa kerennya global warming. Sebenarnya ada beberapa cara simple buat ngejaga lingkungan kita dengan ngerubah  gaya hidup....
Gampang kok!!!                                        

1)      Jangan buang sampah sembarangan
Kalimat ini udah sering kita liat dimana-mana, tapi apakah kita udah ngejalaninya. Kalimat ini ngingetin kita buat buang sampah di tempatnya. Tapi masih banyak yang buang sampah plastik abis jajan sembarangan, padahal ada tempat sampah yang jaraknya gak sampek 5 meter. Inget, satu sampah yang kita buang sembarangan dalam sehari bisa bikin banjir.
                              
2)      Tutup pintu kamar saat ac menyala.
Dengan banyak yang pake ac, makin panas bumi kita. Hal itu karena ac berisi freon atau Chlorofluorocarbon (CFC) yang terdiri dari karbon. Klorin, dan florin. Dimana gas-gas tersebut bisa bikin lapisan ozon bumi terkikis.

3)      Membawa kantong belanja sendiri
Waktu kamu belanja ke supermarket atau pasar tradisional pasti kamu bakal bawa banyak kantong plastik ke rumah. Nantinya plastik-plastik itu jadi sampah yang menuhin tong sampah. Coba deh kalo belanja bawa tas belanja sendiri. Inget, plastik itu adalah bahan yang gak bisa di daur ulang kalo kamu udah pake kantong plastik, itu gak bakal bisa di musnahin. Mau 5 tahun lagi bumi kita dipenuhi sama kantong plastik???

4)      Hemat listrik
Banyak cara yang bisa kita lakuin untuk menghemat listrik. Mulai dari charge baterai hp/laptop kalau udah bener-bener mau habis dan charge sampe bener-bener penuh. Lalu matiin lampu yang nggak dipake dirumah. Seperti kamar mandi, kamar tidur, atau dapur waktu nggak dipake.

5)      Hemat air
Menggunakan air dirumah atau dimanapun seperlunya aja. Jangan biarin kran hidup waktu kamu sikat gigi atau cuci piring. Cara lainnya adalah dengan tidak membeli air minum kemasan. Kok bisa?? Yups, air minum kemasan itu diambil dari mata air pegunungan yang tanpa kita sadari kalo terus-terusan diambil airnya bisa aja abis karena cuaca yang udah nggak menentu sekarang ini.
Hal-hal diatas gampang banget dilakuin kalo kita niat buat menjaga lingkungan kita. Ayo jadi generasi yang bisa menjaga lingkungan, kalo nggak sekarang kapan lagi. Semua perubahan itu dimulai dari diri kita, jadi jangan takut berubah nuat kebaikan.
AYO SELAMATKAN BUMI KITA!!!

0 komentar:

Posting Komentar